Wednesday, April 6, 2016

Memasukan Foto ke dalam Text/Font Menggunakan Powerclip di Coreldraw

MP Tutorial Desain - PowerClip adalah salah satu Tool yang terdapat pada CorelDRAW yang berfungsi untuk memasukan suatu objek kedalam objek lain tanpa mengubah apapun diantara kedua objek tersebut dan hasil penggabungan objek ini dapat diedit kembali ke posisi semula.

Menarik nya lagi dengan menggunakan powerclip anda dapat membuat background menggunakan text menjadi gambar seperti judul pada tutorial kali ini yaitu memasukan gambar ke dalam objek Text / Font menggunakan tool yang bernama Powerclip.

Penasaran seperti apa langkah-langkahnya? Mari ikuti tutorial ini

Memasukan Foto ke dalam Text/Font Menggunakan Powerclip di Coreldraw
Langkah 1
Buatlah sebuah Text (teks dengan font terserah anda) menggunakan Text Tool atau menggunakan shortcut F8 dan juga masukan sebuah objek foto/gambar, seperti pada gambar dibawah ini :
buat dua Objek Berbeda bentuk
Gambar 1. Buat dua Objek Berbeda bentuk
Langkah 2
Seleksi atau block objek yang akan anda masukan kedalam objek lain kemudian klik Menu Effect dilanjutkan dengan menu Powerclip dan pilih Place Inside Frame.
Menu PowerClip
Gambar 2. Menu PowerClip
Langkah 3
Jika sudah maka akan muncul tanda panah besar di tampilan CorelDRAW anda, selanjutnya tinggal klik saja pada objek yang akan dipowerclip, maka hasilnya akan seperti ini:
Klik Pada Objek yang akan di PowerClip
Gambar 3. Klik Pada Objek yang akan di PowerClip
 
Hasil jadi Objek PowerClip
Gambar 4. Hasil jadi Objek PowerClip
Dapat anda lihat bahwa objek foto telah masuk kedalam objek Text, walau objek telah menjadi satu namun pengguna Powerclip masih bisa melakukan pengeditan dan pengaturan untuk  kedua objek tersebut, metode penggabungan ini sangat berbeda dengan penggabungan Objek menggunakan Fungsi Shaping.

Untuk melakukan pengaturan silahkan klik / block objek PowerClip, maka akan muncul beberapa menu dibawah objek, perhatikan gambar dibawah ini :
Menu Pengaturan pada Objek PowerClip
Gambar 5. Menu Pengaturan pada Objek PowerClip
Keterangan Gambar :
  • Edit PowerClip : berfungsi untuk melakukan pengaturan pada objek yang berada di dalam objek yang di PowerClip
  • Select Powerclip Content : berfungsi untuk menyeleksi objek yang berada di dalam, artinya anda dapat menggeser-geser objek dalam tanpa mengeluarkannya dari Objek PowerClip
  • Extract Content : berfungsi untuk mengeluarkan objek yang berada di dalam Objek PowerClip
  • Lock Content to PowerClip : berfungsi untuk mengunci objek di dalam PowerClip nantinya jika objek PowerClip diubah maka objek dalam juga ikut berubah
  • Content Center : berfungsi membuat objek rata tengah
  • Fit Contents Proportionallity : berfungsi untuk menyesuaikan lebar dan tinggi objek dalam sesuai bentuk proporsional nya
  • Fill Frame Proportionallity : berfungsi untuk mengepaskan lebar dan tinggi objek dalam dengan objek PowerClip
  • Stretch Contens to Fill Frame : berfungsi untuk mengubah lebar dan tinggi objek di dalam dengan lebar dan tinggi objek PowerClip.
Bagaimana? Cukup mudah bukan cara menggunakan Menu poweClip pada CorelDraw. Saya yakin anda akan sering menggunakan Menu ini saat anda membuat sebuah desain, selain memasukan foto ke dalam Text anda juga dapat memasukan objek apa saja kedalam objek lain menggunakan menu ini.
Demikianlah Tutorial mengenai cara Memasukan Foto ke dalam Text/Font Menggunakan Powerclip di Coreldraw, semoga bermanfaat untuk kita semua.

Artikel Terkait

Memasukan Foto ke dalam Text/Font Menggunakan Powerclip di Coreldraw
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Berkomentarlah dengan bahasa yang Baik dan Sopan, Komentar yang bernada Kasar, SARA dan Mengundang Perpecahan Tidak akan dimoderasi oleh Admin. Terima kasih.