Thursday, May 5, 2016

Review CorelDRAW Graphics Suite X8, Versi Terbaru Dari CorelDRAW

MP Desain – Pada 15 Maret 2016 lalu, Corel Corporation telah merilis versi terbaru dari CorelDRAW yang diberi nama CorelDRAW Graphics Suite X8 yang merupakan kelanjutan dari Program Pengolah Vector terkenalnya yaitu CorelDRAW.

CorelDRAW Graphics Suite X8 hadir membawa fitur-fitur baru yang telah dioptimalkan pada Windows 10 dan pada resolusi layar variabel untuk penyesuaian kompatibilitas dengan Monitor 4K. namun jangan khawatir untuk anda yang masih memakai Windows 8 kebawah, karena CorelDraw X8 tetap kompatibel dengan versi windows tersebut.

CoreDRAW Graphics Suite X8
CoreDRAW Graphics Suite X8
Corel Corporation melakukan Update besar terhadap dua aplikasi nya yaitu CorelDRAW dan Corel Photo-Paint. Kedua aplikasi tersebut kini menyediakan pengeditan tingkat lanjut untuk pengolahan Foto, beberapa penyempurnaan terjadi pada Knife Tool dan Shape Tool, penambahan fitur Font Management untuk pengaturan dan penyaringan font, penyempurnaan Clone Tool dan Gaussian Blur serta pembaharuan pada kostumisasi Interfacenya.

Tentunya dengan banyaknya pembaharuan ini Corel Corporation berharap CorelDRAW Graphics Suite X8 mampu menjadi andalan baru bagi para desainer grafis untuk membuat Desain yang lebih Profesional. CorelDRAW Graphics Suite X8 menghadirkan fitur-fitu baru dengan tampilan sederhana namun dengan adanya control penuh pada tangan anda. Penasaran seperti apa fitur-fitur baru lainnya? Ayo ikuti review kami dibawah ini :

Review CorelDRAW Graphics Suite X8

4K compatibility dan Multi-Monitor
Interface CorelDRAW X8 kini mendukung Ultra HD 4K Monitor, memberikan pengalaman pengoperasionalan aplikasi melalui layar ber-resolusi tinggi, juga hadirnya fitur baru yaitu Multi-Monitor memungkinkan Anda menggunakan berbagai monitor resolusi tinggi dan laptop karena fleksibilitas dan skala interface yang di-optimalkan untuk menampilkan resolusi lebih rendah atau lebih tinggi, bahkan ketika digunakan berdampingan

Anda  dapat membuka CorelDRAW X8 pada laptop dengan resolusi asli bersama dengan Monitor 27-inch HD.  Tampilannya dapat anda sesuaikan melalui  Workspace Appearance control.

Gambar 1. Menyesuaikan Ukuran Layar Monitor
Versi terbaru ini juga mendukung tablet wacom, yang memungkinkan anda menggambar menggunakan Stylus tanpa menginstal driver tambahan. Selain memakai Stylus, menggunakan Miscrosoft Surface Pro 4, Surface Book atau alat-alat lain pun hampir tanpa hambatan karena Coreldraw X8 memberikan Full Stroke Control saat anda menggambar menggunakan alat-alat tersebut. 

Corel Font Management
Fitur ini akan memberikan kemudahan bagi anda dalam mengatur dan mengelola font, tentu dengan hadirnya tool baru ini akan sangat bermanfaat bagi anda yang sering menggunakan font untuk keperluan membuat desain banner, poster, iklan dan lainnya

Corel Font Management
Gambar 2. Corel Font Management
Dengan adanya Corel Font Manajer memungkinkan anda mencari dan meninjau font secara online dengan bantuan jaringan internet.

Pengaturan Font pada CorelDRAW X8
Gambar 3. Pengaturan Font pada CorelDRAW X8
Show Objects
Corel Corporation menjawab permintaan para konsumennya dengan mengeluarkan fitur ini, dengan adanya Show Object membuat pengelolaan projek anda kian mudah. Anda dapat dengan mudah menyembunyikan atau menampilkan objek individu atau kelompok objek pada layer tanpa harus menyembunyikan semua layer yang ada.

Munculnya Healing Clone Tool
Dengan adanya Tool ini, kini mengelola / memanipulasi foto menggunakan CorelDRAW akan menjadi lebih mudah,  anda dapat menghilangkan suatu objek yang terdapat pada foto dengan warna atau texture yang ada disekitarnya, Tool ini mirip seperti Clone Tool yang terdapat di Photoshop.

Fitur Baru yaitu Healing Clone Tool
Gambar 4. Fitur Baru yaitu Healing Clone Tool


Hasil dari Healing Clone Tool
Gambar 5. Hasil dari Healing Clone Tool
Adanya Gaussian Blur Feature
Satu lagi fitur terbaru yang sangat menarik yaitu pembaharuan dari Gaussian Blur, Gaussian Blur kini memiliki efek seperti lensa pada kamera, dimana anda dapat mangaburkan / blur sebuah objek dalam foto.

Penyempurnaan Pada Gaussian Blur Tool
Gambar 6. Penyempurnaan Pada Gaussian Blur Tool

Menggunakan Gaussian Blur Tool Pada Corel Photo-Paint
Gambar 7. Menggunakan Gaussian Blur Tool Pada Corel Photo-Paint
Lens dari Gaussian Blur dibuat dengan layer terpisah dari foto utama, sehingga anda dapat melakukan editing terpisah pada setiap layernya.

Hasil Foto Dengan Efek Depth-of Field
Gambar 8. Hasil Foto Dengan Efek Depth-of Field
Setelah melakukan pengaturan pada Gaussian Blur, anda dapat menggunakan Eraser Tool untuk menghapus bagian-bagian dari foto, maka hasil foto yang anda dapatkan memiliki efek  depth-of field, menarik bukan?

Melakukan Kostumisasi Pada User Interface
Corel Corporation melalui Software terbarunya yaitu CorelDRAW Graphics Suite menawarkan user interface yang dapat anda kostumisasi / diubah-ubah menurut kenyaman anda para user. Selain melakukan Scalling untuk menyesuaikan jenis monitor, anda pun dapat memilih warna tema dari CorelDraw sesuai selera anda.

Melalukan Kostumisasi Pada Interface CorelDRAW X8
Gambar 9. Melalukan Kostumisasi Pada Interface CorelDRAW X8
Selain itu anda dapat men-download aplikasi tambahan seperti plug-in dan ekstensi-ekstensi lain langsung di dalam CorelDRAW dan Photo-Paint, karena Aplikasi CorelDraw X8 telah terintegrasi dengan Website resmi Corel Corporation di www.coreldraw.com.

Tentunya masih banyak fitur-fitur menarik lain dari CorelDRAW Graphics Suite X8, yang akan saya bahas dilain waktu dan lain postingan. Dengan dikeluarkannya versi terbaru dan penambahan fitur-fitur yang semakin baik, CorelDRAW Graphics Suite X8 akan memudahkan anda dalam pembuatan desain atau mengolah foto hingga tercipta sebuah karya seni yang luar biasa.

Anda dapat mendownload CorelDRAW X8 melalui situs resminya di www.coreldraw.com dan mendapatkan masa trial selama 30 hari. Atau langsung membeli Perangkat Lunak ini melalui situs resmi atau melalui amazon.com dengan banderol sebesar $499 (05/05/2016).

Artikel Terkait

Review CorelDRAW Graphics Suite X8, Versi Terbaru Dari CorelDRAW
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Berkomentarlah dengan bahasa yang Baik dan Sopan, Komentar yang bernada Kasar, SARA dan Mengundang Perpecahan Tidak akan dimoderasi oleh Admin. Terima kasih.