Sunday, March 20, 2016

Tutorial Dasar dan Pengenalan User Interface Adobe Photoshop CS5

MP Tutorial Desain - Adobe Photoshop atau yang sering disebut photoshop merupakan perangkat lunak / software editor citra yang dikembangkan oleh Adobe System, software ini difokuskan untuk pengeditan foto serta pembuatan efek pada foto/gambar, perangkat lunak ini sangat popular di kalangan fotografer digital dan perusahaan-perusahaan iklan, photoshop dikatakan market leader/pemimpin pasar untuk software pengolah gambar/foto, hingga saat ini adobe system telah mengeluarkan tiga belas versi  untuk photoshop yaitu bernama Adobe Photoshop CC, photoshop juga disebut sebagai produk terbaik yang pernah diprosuksi oleh Adobe System.

Saat ini Photoshop tersedia untuk System Operasi Windows, Mac OS X, Mac OS serta untuk system operasi Linux harus menggunakan software tambahan tertentu seperti CrossOver.

Tutorial Dasar dan Pengenalan User Interface Adobe Photoshop CS5
Tutorial Dasar dan Pengenalan User Interface Adobe Photoshop CS5
Saat ini kepopuleran Photoshop nampaknya sulit ditandingi oleh kompetitornya, walau para pengembang software lain menyediakan software editing foto dengan fitur edit instan, namun Photoshop tetap menjadi pilihan para penggunanya karena dianggap memiliki fitur terbanyak dan terlengkap yang dapat merangsang pengguna untuk bekerja lebih kratif dan hasilnya banyak sekali foto indah dan menakjubkan tercipta berkat Adobe Photoshop ini.


Tutorial Dasar dan Pengenalan User Interface Adobe Photoshop CS5

Sebelum memulai pembelajaran tentang Photoshop, ada baiknya kita mengenal dan memahami dahulu antar muka/ Interface dari software ini, pada tutorial kali ini saya akan menjelaskan fitur-fitur dasar dan menjelaskan menu-menu utama yang paling sering digunakan oleh para fotografer untuk membuat karya nya semakin yahuud.. 

Silahkan buka terlebih dahulu Adobe Photoshop di komputer teman-teman, kali ini saya menggunakan versi CS5, namun jika teman-teman memakai versi CS6 / CC itu tidak menjadi masalah karena garis besar dan lokasi menu-menu nya masih sama dengan CS5, perbedaannya hanya pada beberapa fiturnya yang dibuat lebih canggih (ini akan kita bahas di postingan selanjutnya).
Gambar 1. User Interface Adobe Photoshop CS5
Gambar 1. User Interface Adobe Photoshop CS5
Dibawah ini adalah beberapa bagian yang wajib anda ketahui sebelum anda mulai melakukan editing foto.

Menu Bar
Menu Bar adalah menu utama dari Photoshop yang berguna untuk mengelola file dokumen anda, mengelola layer serta perintah-perintah lain untuk pembuatan efek filter dan pengaturan tampilan panel, sebagai contoh pada menu “File” dapat digunakan untuk membuat dokumen baru, menyimpan dokumen, melakukan Export dan Import file serta exit / keluar dari photoshop

Terlalu banyak fitur dan menu yang terdapat pada “Menu bar” ini, maka saya sarankan agar anda rutin melakukan latihan edit agar dapat memahami semua menu-menunya.
Menu Bar pada Adobe Photoshop CS5
Gambar 2. Menu Bar pada Adobe Photoshop CS5
Tool Box
Sama seperti CorelDraw, Photoshop juga memiliki Toolbox nya sendiri dan berisi kumpulan tools yang dapat anda manfaatkan untuk keperluan editing foto/gambar, anda dapat memindahkan objek menggunakan Move Tool, melakukan seleksi pada foto, mengkloning foto dan masih sangat banyak fitur yang ada di Toolbox ini.
Namun tidak semua tool ditampilkan pada menu Toolbox ini , beberapa tool disembunyikan dan diberi tanda “segitiga” disudut kanan bawah, tool akan terlihat jika anda klik kanan pada menu Toolbox yang anda kehendaki, Secara default Toolbox berada pada sisi kiri jendela Photoshop.
Toolbox Adobe Photoshop CS5
Gambar3. Toolbox Adobe Photoshop CS5
Option Bar
Option Bar adalah menu yang muncul ketika kita memilih salah satu tool pada Tool Box, menu ini bertujuan untuk membantu anda melakukan pengaturan pada tool yang anda pilih, sebagai contoh jika anda memilih Tool “Brush” maka anda dapat memilih variant Brush dan mengatur diameter Brush pada Option Bar ini, menu Option Bar lokasi nya ada dibagian bawah menu bar.

Option Bar Adobe Photoshop CS5
Gambar 4. Option Bar Adobe Photoshop CS5
Untuk melanjutkan pembahasan kita kali ini, silahkan anda membuat dokumen baru dengan cara klik File > New (CTRL+N), maka akan muncul window baru untuk mengatur dokumen, seperti gambar dibawah ini :
Window New Document Adobe Photoshop CS5
Gambar 5.Window New Document Adobe Photoshop CS5
Keterangan gambar :
  1. Name : Kolom untuk memberi nama dokumen anda.
  2. Present : anda dapat mengatur panjang dan lebar dokumen atau memilih ukuran file dokumen yang telah disediakan.
  3. Size : menu ini aktif jika memilih ukuran file dokumen bawaan dari Photoshop.
  4. Width : mengatur lebar dokumen
  5. Hight : mengatur tinggi dokumen
  6. Resolution : mengatur kepadatan pixel dari dokumen anda, artinya semakin tinggi resolution maka semakin baik gambar yang dihasilkan tetapi juga akan semakin memberatkan kinerja komputer.
  7. Color : mengatur warna dokumen, ada beberapa pilihan warna dari Grayscale, RGB sampai CMYK silahkan pilih sesuai kebutuhan anda.
  8. Background Content : anda dapat memilih tampilah background default dari dokumen anda, ada 3 yaitu White (Putih), Black (Hitam) dan Transparent (Transparan).
  9. Advanced : pengaturan tambahan untuk Color/warna atau aspect ratio dari dokumen baru anda.
  10. Jika semua pengaturan sudah selesai maka anda dapat menekan tombol OK , melakukan save untuk pengaturan yang baru anda lakukan atau membatalkan settingan melalui tombol Cancel, jika anda membuat file dokumen yang di tujukan untuk smartphone maka anda dapat melakukan test device melalui tombol “device central”.
  11. Image Size : menunjukan besarnya file yang baru anda buat, ini bukan ukuran final dari dokumen, namun file akan semakin besar jika anda memasukan foto/gambar beserta efek-efek nya nanti.
Palette / Panel
Merupakan tab yang berisi informasi tentang dokumen yang sedang aktif, setiap langkah saat kita melakukan editing akan terekam pada palette, ada banyak sekali palette/panel yang dimiliki Photoshop maka dari itu tidak semua pallete/panel muncul di tab ini, anda dapat menampilkan atau menyembunyikan panel sesuai keinginan anda melalui perintah Windows dan pilih panel yang anda inginkan seperti Layer, History, Navigator, Color dan lain-lain. Secara default palette/panel berada di sisi kanan jendela photoshop anda. 
Tab Palette / Panel Adobe Photoshop CS5
Gambar 6. Tab Palette / Panel Adobe Photoshop CS5
Tab Dokumen
Tab Dokumen akan memberi informasi pada anda tentang dokumen yang sedang anda aktifkan meliputi nama, berapa persen anda melakukan Zoom Dokumen dan warna sedang anda gunakan.
Tab Document memunculkan informasi dokumen anda
Gambar 7. Tab Document memunculkan informasi dokumen anda
Lembar Kerja Dokumen
Jendela Kerja Dokumen adalah lembar kerja anda yang berisi gambar/foto, teks ataupun objek lain yang sedang anda olah, lembar kerja ini dapat anda perbesar atau perkecil sesuai keinginan menggunakan tool yang berada di Toolbox, kita juga dapat mengubah tampilannya menggunakan tombol F pada keyboard. 
Lembar Kerja Dokumen Adobe Photoshop CS5
Gambar 8. Lembar Kerja Dokumen Adobe Photoshop CS5
Menu-menu diatas juga dapat anda pindah-pindah sesuai keinginan, misalnya Tool Box yang dapat anda geser kebawah atau keatas, dengan kemudahan mengatur Interface ini lah Adobe System berharap pengguna Photoshop dapat memperoleh kenyamanan dalam setiap pengoperasian Software yang dikembangkannya

Sampai disini dulu, Tutorial Dasar dan Pengenalan User Interface Adobe Photoshop CS5, untuk selanjutnya saya akan membahas tentang tool-tool yang dimiliki oleh Photoshop yang tentunya sangat berguna bagi anda yang ingin mendalami dunia editing foto, Sampai Jumpa lagi teman-teman.

Artikel Terkait

Tutorial Dasar dan Pengenalan User Interface Adobe Photoshop CS5
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Berkomentarlah dengan bahasa yang Baik dan Sopan, Komentar yang bernada Kasar, SARA dan Mengundang Perpecahan Tidak akan dimoderasi oleh Admin. Terima kasih.