Sunday, March 20, 2016

Membuat Lingkaran Menggunakan Eclipse Tool di CorelDRAW

MP Tutorial Desain - Selamat malam teman-teman, malam ini Tim menjelang petang desain akan memberikan sebuah tutorial dasar untuk landasan pengetahuan anda mengenai Corel Draw yaitu “membuat lingkaran menggunakan Eclipse Tool” tool ini dapat anda lihat di Toolbox samping kanan layar monitor anda.

membuat Lingkaran menggunakan Eclipse Tool di CorelDRAW
Membuat Lingkaran menggunakan Eclipse Tool di CorelDRAW
Jangan pernah meremehkan lingkaran, karena sangat banyak logo yang bagus dan menarik berawal dari sebuah lingkaran, saya ambil contoh logo starbuck, logo berbentuk lingkaran warna hijau lalu logo inux ubuntu menggunakan perpaduan beberapa lingkaran warna kuning dan orange ada lagi logo club sepakbola terkenal liga inggris Chelsea yang menggunakan lingkaran warna biru dengan dipadu gambar vector singa, naahh… tidak sedikit kan lingkaran yang dipakai untuk membuat sebuah logo, memang bentuk lingkaran sangat cocok untuk memberi kesan dinamis kepada sebuah perusahaan. Makna lain dari lingkaran juga berarti sesuatu yang tak terputus, tidak memiliki awal dan akhir atau abadi dapat juga diartikan sesuatu yang sempurna dan dapat diandalkan.

Membuat Lingkaran menggunakan Eclipse Tool di CorelDRAW

Pada CorelDRAW memiliki fasilitas yang akan memudahkan anda dalam membuat lingkaran yang bernama Eclipse Tool. Dalam kesempatan kali ini saya akan membahas cara pembuatan lingkaran seperti gambar diatas, serta tambahan fungsi untuk tombol Shortcut  dan beberapa pengaturan lainnya. 
Baca Juga :  Mengenal tombol Shortcut pada CorelDRAW
Ayo siapkan KOPI untuk lembur kita malam ini…. :D

Untuk memulai silahkan anda lihat Toolbox yang ada di sebelah kiri layar monitor anda dan klik Elipse Tool (Gambar Lingkaran) atau dapat menggunakan shortcut F7.

Gambar 1. Menu Eclipse Tool
Selanjutnya klik dan tahan mouse lalu tarik sesuai keinginan anda.

klik dan Drag untuk membuat Objek Lingkaran
Gambar 2. Klik dan Drag untuk membuat Objek Lingkaran
Untuk dicatat :
-          Saat Dragging Lingkaran gunakanlah CTRL agar mendapat hasil bulat sempurna.
-          Jika ingin membuat bentuk yang Oval tombol CTRL tidak usah dipencet. 
Membuat Lingkaran menggunakan Eclipse Tool di CorelDRAW 1
Gambar 3. Perbedaan menggunakan CTRL
 Nah kurang lebih seperti itu lah tutorial membuat Lingkaran menggunakan Eclipse Tool, tapi tunggu dulu sesuai janji saya untuk membuat seperti sample diatas maka tutorial tidak berhenti sampai disini saja, :D, ayoo lanjutkan….

Setelah jadi satu lingkaran selanjutnya buatlah Persegi panjang menggunakan rectangle tool untuk dijadikan background.

Tampatkan lingkaran di tengah-tengah persegi panjang dengan cara block kedua objek (Lingkaran dan Persegi Panjang) lalu tekan C dilanjutkan dengan tombol E pada keyboard, tombol C dan E merupakan shortcut agar kedua objek menjadi rata tengah, jangan lupa untuk menempatkan lingkaran diatas layer persegi dengan cara klik lingkaran lalu tekan CTRL+PGUP, maka hasilnya akan seperti ini :
Objek Persegi panjang
Gambar 4. Objek Persegi panjang
Selanjutnya buatlah satu lingkaran lagi ditengah lingkaran utama, caranya masih sama seperti langkah-langkah membuat lingkaran yang sudah diterangkan diatas, jangan lupa untuk menempatkan lingkaran yang lebih kecil ditengah lingkaran utama, maka akan didapat hasil seperi dibawah ini :
Membuat Lingkaran kecil di dalam lingkaran utama
Gambar 5. Membuat Lingkaran kecil di dalam lingkaran utama
Langkah berikutnya adalah member warna, anda bebas menggunakan warna apapun atau jika ingin membuat warna yang sama seperti sample gunakanlah code dibawah ini : 
-          Persegi Panjang = C:58 - M : 0 - Y : 7 - K : 0, Hex = #63C5E7
-          Lingkaran Besar = C:0 -  M:0 - Y:0 - K:0, Hex = #FEFEFE
-          Lingkaran Kecil = C:100 – M:0 – Y:0 – K:0, Hex = #00A2E9
Penerapanya adalah dengan meletakkan kode diatas di menu Uniform Fill (gunakan shortcut SHIFT+F11)
Pengaturan warna
Gambar 6. Pengaturan warna
Hasilnya akan seperti ini :
Gambar 7. Setelah diberi warna
Lalu hilangkan garis tepi / outline pada objek yang kita buat, caranya blok semua objek lalu klik Outline pen > No Outline.
Menghilangkan garis tepi/outline
Gambar 8. Menghilangkan garis tepi/outline
 Jika hasilnya sudah sama seperti gambar diatas, maka selanjutnya pilih Drop Shadow di menu Toolbox
Pemberian efek Drop Shadow
Gambar 9. Pemberian efek Drop Shadow
 Kemudian klik lingkaran Utama lalu Drag kebawah, sesuaikan bayangan sesuai dengan keinginan anda. Maka gambarnya akan terlihat seperti ini :
Pemberian efek Drop Shadow
Gambar 10. Pemberian efek Drop Shadow
Langkah terakhir adalah membuat lingkaran kecil dan tempatkan di pojok tiap sudut persegi panjang tersebut, maka hasilnya akan seperti ini :

Hasil Akhir
Gambar 10. Hasil Akhir
Nah, bagaimana teman-teman cukup mudah bukan membuat sebuah lingkaran? Anda juga dapat membuat bentuk lingkaran menjadi objek lain caranya yaitu gunakan convert to curve, dengan tool ini maka objek lingkaran ankan menjadi sebuah shape yang editable / mudah diedit, lalu tarik saja titik-titik tersebut, maka anda akan melihat hasil lain dari objek lingkaran, selamat berkreasi !!!

Bentuk lain dari objek lingkaran
Gambar 11. Bentuk lain dari objek lingkaran
Sekian dulu tutorial Membuat Lingkaran Menggunakan Eclipse Tool di CorelDRAW , semoga dapat bermanfaat untuk kita semua.

Artikel Terkait

Membuat Lingkaran Menggunakan Eclipse Tool di CorelDRAW
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Berkomentarlah dengan bahasa yang Baik dan Sopan, Komentar yang bernada Kasar, SARA dan Mengundang Perpecahan Tidak akan dimoderasi oleh Admin. Terima kasih.